>Kedutan

>

Pernah nggak tiba-tiba kelopak mata kamu kedutan?

Pasti kebanyakan dari kita berpikir, kalo mata kedutan itu pertanda bakalan mau nangis atau malahan mau dapat uang kan, hehe.. Yup, itu salah satu mitos yang cukup bikin kita percaya nggak percaya. But, you are totally wrong guys!

Sebenarnya kedutan adalah kontraksi spontan pada kelopak mata atas atau bawah yang melibatkan otot orbicularis oculi. Dan itu bukan sebuah penyakit loh dan sebenarnya nggak ngaruh kok sama kemampuan penglihatan manusia. Menurut Burt Dubow, OD, FAAO (pakar mata dari Contact Lens and Cornea Section of the American Optometric Association) bilang bahwa kedutan terjadi, karena serabut saraf di dalam otak mengalami kontraksi sesaat. Denyutan pembuluh darah tiba-tiba seperti mengalami rangsangan yang menimbulkan aliran listrik melalui nervus facialis. Inilah yang bikin mata kejang sesaat. Kedutan biasanya hanya terjadi beberapa detik dan beberapa kali dalam satu hari. Yang bahaya kalo berlangsung secara terus-menerus dalam waktu lama.

Sebenarnya sih insiden kedutan nggak bisa diketahui secara pasti. Tapi, ada 7 faktor utama yang biasa menjadi sebab dari terjadinya kedutan. pertama yaitu  

stress bisa bikin mata jadi tegang dan memicu mata kedutan. 
Kurang tidur juga jadi sebab mata kedutan lho! 
Kalo kelamaan di depan komputer atau terlalu keras dalam membaca, jangan heran kalo kamu tiba-tiba kedutan. Karena mata lelah juga memicu kedutan. 
Kafein dan alkohol dipercaya juga jadi pemicu mata suka kedutan, karena tekanan pada pembuluh darah kita jadi meningkat. 
Selain itu, kedutan juga bisa diakibatkan dari mata kering. Mata kering bisa karena mengonsumsi obat-obatan tertentu (seperti antihistamin dan antidepresan),  
pemakaian lensa kontak, kecapean dan terlalu lama menatap layar komputer. 
Oh ya, kekurangan zat gizi seperti magnesium bisa juga memicu kejang kelopak mata loh. 
Last, orang-orang dengan mata alergi juga gampang kedutan. Ketika mata digosok, maka akan ngeluarin histamine yang memicu keluarnya air mata dan ini bakal bikin kelopak mata bergerak-gerak. Nah, sekarang udah tau dong penjelasan ilmiahnya. Jadi nggak lagi deh nebak-nebak kenapa mata kita suka kedutan, hehe..

sumber : copas dari sini

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s